Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Makanan Tidak Hanya Tahan Lama

PERMATA HATI. Sebagian besar keracunan makanan disebabkan oleh proses penyimpanan yang tidak tepat.  Menyimpan  bahan makanan di kulkas memang menjadi pilihan banyak keluarga. Baik untuk alasan menghemat,maupun memudahkan perencanaan menu. penyimpanan makanan di kulkas juga menjanjikan kesegaran dan terjaganya kualitas gizi bahan makanan yang disimpan. Namun, jangan asal memasukkan bahan makanan ke kulkas. Anda perlu tahu juga bahan makanan apa yang tidak boleh disimpan dikulkas, apan mesti memasukkan ke kulkas, dan berapa lama makanan tetap segar dalam kulkas? teknik penyimpanan makanan yang baik akan memastikan sayur, buah, dan bahan makanan lainnya tetap segar dan tahan lama.

Tips menyimpan bahan makanan di dalam kulkas:

  • Kulkas sebaiknya dipasang pada suhu 4 derajat celcius atau kurang, Suhu itu cukup memeperlambat proses enzimatika dan pertumbuhan bakteri, tetapi  tidak terlalu dingin untuk mengurangi kualitas makanan dengan adanya kristal es yang terbentuk. Ada baiknya memasang termometer kulaks guna memastikan suhu yang cukup rendah bagi keamanan pangan.
  • Selalu tutup makanan dalam lemari es. Udara didalam kulkas sangat kering, sehingga makanan akan mudah kering, penurunan kualitas, dan menjadi tidak menarik dalam waktu singkat. Menutup makanan juga mencegah makanan yang mudah menyerap bau, seperti produk susu tercemar bahan makanan lain.
  • Suhu dingin kulkas memperlambat proses enzim dalam makanan dan juga reproduksi bakteri. Hal ini memperpanjang kualitas, rasa, dan tekstur makanan, serta menjaga makanan aman lebih lama. Namun patut dicatat bahwa kulkas tidak membunuh bakteri dan tidak dapat memperbaiki kualitas makanan.
  • Jangan mengisi kulkas terlalu penuh. Pastikan selalu ada ruang yang cukup antara makanan yang bisa membuat udara bebas bersirkulasi di antaranya. Dengan begitu suhu akan lebih merata.
  • Gunakan termometer kulkas untuk mengeceksuhu kesegaran dan rak-rak.Bagian paling dingin dalam kulkas bukan tempat penyimpanan makananyang rentan rusak seperti daun selada dan  bauh yang lembut seperti pepaya.
  • Makanan yang perlu didinginkan  dimasukkan kekulkas k setidaknya 2 jam setelah dimasak untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
  • bersihkan kulkas setiap 3  minggu sekali, buang sayur,buah, dan makanan yang sudah tidak dapat dikonsumsi.
Mencegah keracunan makanan
Penyimpanan dan pengolahan bahan makanan yang benar dan dapat mengurangi risiko terjadinya keracunan makan. Di  Amerika Serikat, setiap tahunnya sekitar 2 juta orang keracunan makanan yang sebagian besar disebabkan oleh kesalahan dalam menyiapkan makan dirumah. Penelitian menunjukkan, 55 persen kasus keracunan makanan disebabkan proses penyimpanan dan pengolahan yang tidak tepat, 24 persen karena kurangnya kebersihan dan hanya 3 persen kasus yang disebabkan makanan yang tidak aman. Karena sebagian besar kasus keracunan makanan disebabkan oleh proses penyimpanan dan pengolahan yang tidak tepat, perlu kehati-hatian mulai dari membeli, menyimpan, sampai mengolah bahan makanan itu di dapur.

Membeli bahan makanan segar merupakan pilihan terbaik, namun terkadang membeli bahan makanan kalengan juga tidak terhindarkan. Jika hendak membeli makanan kalengan, salah satu yang perlu diperhatikan adalah tanda-tanda kontaminasi bakteri pada makanan kalengan itu. Beberapa tanda yang perlu dicurigai adalah kemasan retak, penyok, atau berkarat, dan tutup kemasan lepas. Jika makanan kalengan berupa sayuran, periksalah apakah ada cairan putih seperti susu di sekitar sayuran. Jika ada cairan seperti itu, lebih baik tidak dikonsumsi.

Sementara untuk penyimpana, beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya segera simpan bahan makanan yang belum akan dimasak hari itu di kulkas/frezzer. Bekukan daging, ikan,  atau daging unggas segar jika belum akan dimasak dalam 2 hari . Jangan biarkan makanan olahan seperti keju atau daging olahan dalam suhu ruang selama lebih dari 2 jam sebelum disajikan. Jika anda memasak  makanan sehari sehari sebelum disajikan, simpan dulu makanan itu ke dalam kulkas atau frezzer segera setelah dimasak. Jangan keluarkan makanan itu dari  lebih  2 jam sebelum disajikan. Jangan menyimpan makanan lebih lama dari batas waktu yang disarankan
Sumber :http://www.pelangipermata.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar