Mau Punya Tumit Mulus? Begini Caranya

Mau Punya Tumit Mulus? Begini Caranya Tumit kaki memiliki fungsi yang sangat penting. Setiap hari tumit bekerja menumpu berat badan. Gerakan yang terus-menerus dengan alas kaki juga menjadi penyebab kulit di bagian bawah kaki bermasalah.

Tumit yang kulitnya menebal atau pecahpecah pun bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Kosmetologis Ristra, dr Astrid Indriyani, memberikan tips untuk merawat kulit kaki yang telanjur pecah-pecah.

Rendam kaki dalam air hangat kuku yang telah diberikan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak esensial lainnya selama 15-20 menit. “Minyak memberikan efek rileks dan membantu mengangkat kotoran. Juga dapat menjadikan kaki terasa lembut,” papar dia.

Selanjutnya, gosok tumit dan bilas hingga kering. Upaya menggosok tumit berguna mengangkat sel-sel kulit mati hingga permukaan kulit terasa lebih halus. Namun, Astrid melarang penggunaan batu apung ketika menggosok karena dapat menyebabkan lecet atau luka.

Setelah itu, gunakan krim pelembab pada tumit dan lakukan pijatan ringan. Terakhir, gunakan kaus kaki berbahan tebal agar pelembap dapat terserap sempurna.

Selain itu, Astrid menyarankan agar mengurangi ketegangan kaki dengan berbaring sambil mengangkat kaki lebih tinggi dari kepala. Menggunakan alas kaki yang nyaman juga penting agar tumit terjaga sehat. Jika harus menggunakan sepatu bertumit tinggi, gunakan bantalan tumit untuk mengurangi beban.
sumber :http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar