Tips Membersihkan Kulkas

Kulkas adalah alat terbesar di dapur, juga merupakan salah satu yang paling penting. Tujuannya adalah untuk menjaga makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya aman dan bebas kuman sampai siap untuk digunakan/dikonsumsi.

Namun, hal itu tidak menghentikan pertumbuhan bakteri. Jadi, sangat penting untuk menjaga lemari es selalu bersih, sehingga makanan dan minuman tetap aman untuk keluarga Anda saat dikonsumsi.

Untuk memulai membersihkan kulkas, harus terlebih dahulu mematikan termostat, kemudian mencabut panel listrik kulkas dan mengambil bola lampu yang terdapat didalam kulkas (untuk menghindari kerusakan) dan jauhkan letak kulkas dari dinding untuk memudahkan proses pembersihan.

Selanjutnya dalam membersihkan kulkas adalah dengan mengambil seluruh isi kulkas mulai dari  makanan, minuman dan lain-lain dan menyimpannya dalam pendingin atau kulkas kedua (jika memiliki).

Setelah isi kulkas kosong, ambil nampan dan bersihkan di wastafel dapur dengan menggunakan kain atau spons dengan diberi (cairan) pembersih yang efektif.

Sekarang saatnya untuk membersihkan bagian dalam lemari es. Gunakan kain yang berbeda (spon) yang direndam dalam air hangat untuk membersihkan bagian dalam kulkas hingga bersih. Pastikan juga kebersihan akan jalur dimana nampan yang dilepas tadi diletakkan. Setelah dikira cukup bahwa bagian dalam kulkas telah bersih, bilas dengan menggunakan air hangat dan lap bersih hingga kering.

Selanjutnya adalah membersihkan pintu kulkas, dimana pintu kulkas biasanya ada yang agak lengket dan wajib untuk dibersihkan. Gunakan cara diatas dan setelah selesai bilas dan keringkan dengan handuk kertas atau lap kering.

Perlu diketahui bahwa jika kulkas tidak dapat menghilangkan bekuan es dengan sendirinya, maka harus menghilangkan bekuan es terlebih dahulu secara manual dan perlahan sebelum memulai membersihkan lemari es.

Setelah selesai membersihkan bagian dalam kulkas, pintu dan sisi samping serta bagian atas dan bawah kulkas, letakkan kembali kulkas ke posisi semula.

Sekarang saatnya untuk memasang kembali nampan dan laci yang sudah dibersihkan serta bola lampu kulkas. Hidupkan thermostat kembali dan pasang panel listrik ke tempatnya. Tunggu kira-kira satu jam, baru letakkan makanan, minuman dan lain-lain isi kulkas yang sudah dikeluarkan tadi ke dalam kulkas.


Referensi :http://informasi-dunia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar